TRAINING K3 UMUM


 

Deskripsi Training K3 UMUM

 

Training K3 Umum / HSE (Health Safety environment) - BMG Training, atau disebut juga dengan Kesehatan, Keselamatan Kerja dan lingkungan Hidup di beberapa perusahaan dan Industri benar-benar diperlukan. Bagaimana menjamin keselamatan karyawan, kesehatan karyawan dan lingkungan hidup disekelilingnya, tetapi di dunia tugas sendiri sedikit yang memahami mengenai apakah itu K3 atau HSE dan seperti apakah gambarannya, bahkan juga orang2 yang bekerja di HSE belum pasti dengan background yang tepat.

 

Tiap perusahaan sekarang ini diharuskan untuk membuat jadwal training K3 di lingkungan perusahaan tanpa kecuali pada kondisi wabah sekarang ini yang dapat dilaksanakan secara online. Dasar hukum K3 di Indonesia ialah Undang-Undang No.1 Tahun 1970 mengenai Keselamatan Kerja dan UU no 13 Tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan. Pengertian K3 dibagi 3 diantaranya :

 

a. Secara Filosofi :

 

Satu pertimbangan dan usaha untuk jamin kesatuan dan kesempurnaan baik jasmaniah dan rohaniah tenaga kerja terutamanya dan manusia secara umum, kerja hasil dan budaya ke arah warga adil dan makmur.


b. Secara Keilmuan :

 

Ilmu dan pengetahuan dan aplikasinya dalam usaha menahan terjadi kemungkinan kecelakan kerja, penyakit karena kerja, kebakaran dan pencemaran lingkungan.


c. Secara Etimologi :

 

Sebagai satu usaha pelindungan supaya tenaga kerja selalu pada kondisi selamat dan sehat sepanjang lakukan tugas di tempat kerja, untuk orang yang lain masuk tempat kerja atau sumber dan proses produksi bisa dipakai secara aman dan efektif dalam penggunaannya.


Mekanisme K3 ialah pendekatan resmi, top-down, di semua organisasi untuk mengelola resiko keselamatan dan pastikan efektifitas pengendalian resiko keselamatan. Ini meliputi proses, praktek, dan peraturan struktural untuk management resiko keselamatan. Pelatihan AHLI K3 Full-Online Bersertifikasi ini akan menolong peserta untuk pahami susunan dan komponen SMS. Akan belajar bagaimana mengutamakan dan kurangi resiko, menilai efektifitas resiko dan meningkatkan ketrampilan dalam mengetahui, mengontrol dan menahan kekeliruan di dalam organisasi.

 

 

TRAINING K3 UMUM

 

 

Tujuan Training K3

 

  1. Membuat perlindungan keselamatan karyawan saat lakukan kerjanya untuk kesejahteraan hidup dan tingkatkan produktifitas nasional.

  2. Jamin keselamatan tiap orang yang lain ada di tempat kerja

  3. Sumber produksi terawat dan dipakai secara aman dan efektif.

  4. Untuk alat capai derajat kesehatan tenaga kerja yang dengan tinggi tingginya baik pekerja, petani, nelayan, karyawan negeri atau karyawan bebas dengan begitu ditujukan untuk kesejahteraan tenaga kerja.

  5. Untuk alat tingkatkan produksi yang berdasarkan ke meningginya efektivitas dan daya produktifitas factor manusia dalam produksi.

 

Ruang Lingkup K3

 

Ruang lingkup keselamatan kerja dalam semua tempat kerja baik didarat, di dalam tanah, di atas air, di dalam air atau diudara yang ada dalam daerah kekuasaan hukum Indonesia. (UU No. 1/ 1970).

 

Persyaratan Dasar K3

 

Persyaratan dasar K3 menurut Undang-undang No.1 Tahun 1970 mengenai keselamatan kerja Pasal 3 :

 

  1. Menghindari dan mengurangi kecelakaan kerja

  2. Mencegah dan mengurangi dan memadamkan kebakaran

  3. Menahan dan mengurangi bahaya peledakan

  4. Memberikan jalur penyelamatan pada kondisi genting

  5. Memberikan P3K

  6. Memberikan APD pada karyawan

  7. Jaga dan mengontrol munculnya penyebaran temperatur, kelembapan, debu, kotoran, asap, uap, gas , radiasi, keributan dan getaran

  8. Menahan dan mengontrol penyakit karena kerja dan keracunan

  9. Pencahayaan yang cukup dan tepat.


Factor Pemicu Kecelakaan Kerja

 

Berlangsungnya kecelakaan kerja dikuasai oleh faktor-faktor pemicu dalam usaha produksi yang mengikutsertakan tenaga kerja, mesin dan perlengkapan dan bahan yang dipakai. Hubungan ke-3 factor itu akan dikuasai oleh tingkat keselamatan, kesehatan dan lingkungan kerja yang berpengaruh pada kecelakaan kerja, penyakit karena kerja, kebakaran, peledakan atau pencemaran lingkungan kerja.

 

Teori Domino

 

  1. Kurang kuatnya kontrol, berdasar pada program yang tidak sesuai dengan standard, tidak sesuai dengan kepatuhan pelaksaan.

  2. Karena dasar, ada factor perorangan dan factor kerja.

  3. Pemicu langsung, ada tindakan tidak aman dan keadaan tidak aman.

  4. Kejadian, yakni peristiwa contact dengan energi atau bahan zat.

  5. Rugi, yakni kecelakaan dan kerusakan yang tidak diharap.

 

Sebab-sebab Kecelakaan Kerja

 

Kecelakaan kerja dapat dimisalkan sebuah gunung es yang diatasnya kelihatan kecil tapi dibawahnya rupanya semakin besar . Maka, ada rugi karena kecelakaan yang dapat kelihatan (atas gunung es) dan rugi karena kecelakaan kerja yang tidak kelihatan (bawah gunung es).

 

1. Kerugian yang kelihatan :

 

  1. Korban Jiwa

  2. Korban Cedera

  3. Ongkos Penyembuhan

  4. Kerusakan Property

 

2. Kerugian yang tidak kelihatan :

 

  1. Gugatan ganti rugi

  2. Masa datang keluarga

  3. Keuntungan perusahaan turun

  4. Trauma periode panjang

  5. Merusak nama baik perusahaan

  6. Ongkos recruitment tenaga kerja

  7. Ongkos melatih pegawai baru

  8. Turunnya nilai investasi

  9. Proses produksi berhenti

  10. Pembanguan kembali sarana

 

Sebagai contoh kerugian karena kecelakaan kerja di industri Migas jika proses produksi stop 1 jam saja karena sebuah kecelakaan itu dapat alami rugi capai 5-10 Milyar Rupiah bahkan juga bisa lebih, anda dapat asumsikan jika proses produksi stop dalam sekian hari.

 

Tanggap Darurat

 

1. Pemahaman Tanggap Darurat


Kondisi susah yang tidak tersangka yang membutuhkan pengendalian selekasnya agar tidak ada kecelakaan.

 

2. Ruangan Cakupan Tanggap Darurat

 

  1. Kebakaran yang tidak berhasil dipadamkan regu pemadam kebakaran perusahaan

  2. Peledakan

  3. Bocor gas, cairan atau material beresiko yang tidak bisa ditangani dalam sekejap

  4. Keracuran

  5. Musibah alam

  6. Pencurian

  7. Teror bom

  8. Demo / demonstrasi

  9. Huru-hara

  10. Penerapan Tanggap Darurat Secara Umum

  11. Matikan / stop semua proses produksi / mesin atau aktivitas kerja

  12. Selekasnya ke arah titik penyelamatan dengan ikuti lajur penyelamatan darurat

  13. Selamatkanlah asset yang kemungkinan dapat ditolong seperti document, netbook dan yang lain

  14. Masih tetap tenang dan cepat melakukan tindakan

  15. Infokan pada petugas tanggap darurat perusahaan jika ada rekanan yang ketinggalan / terjebak

  16. Masih tetap diarea aman sampai ada interuksi dari petugas yang berkuasa.

 


Siapakah yang Harus Hadir dalam Training K3?

 

  1. Manager Keselamatan dan Kepatuhan

  2. Personel keamanan regional, dan lapangan

  3. Siapa saja yang memiliki cita-cita untuk membangun kualitas managementnya

 

 

TRAINING K3 UMUM

 

 


Detil Materi Training K3

 

  1. Pengantar Mekanisme Management Keselamatan

  2. Mekanisme Menejemen

  3. Mekanisme Management Kesehatan dan Keselamatan Kerja

  4. Susunan Teori SMS

  5. Perbedaan Di antara Edisi ketiga dan Edisi keempat

  6. Elemen SMS

  7. Peraturan Keamanan

  8. Dokumentasi Keamanan

  9. Rencana Tanggap Darurat

  10. Management Resiko Keselamatan

  11. Analisis bahaya

  12. Pekerjaan berefek

  13. Mitigasi resiko

  14. Management Data Keamanan

  15. Laporan Peristiwa

  16. Dokumentasi SMS

  17. Responsibilitas Keamanan

  18. Ambil Keputusan Berbasiskan Data Keselamatan

  19. Agunan Keamanan

  20. Pengawasan dan pengukur performa keselamatan

  21. Management Peralihan

  22. Pembaruan terus-terusan

  23. Promo Keselamatan

  24. Komunikasi keselamatan

  25. Budaya dan Training Organisasi

  26. Factor manusia

  27. Beberapa faktor yang memengaruhi Efektivitas SMS

  28. Alat untuk Efektivitas SMS

 

Ringkasan

 

Training ini untuk memperlengkapi, tingkatkan dan meningkatkan kekuatan karyawan berkenaan K3 dengan materi yang diberi pada Training K3 mengenai proses penerapan tugas dan pengetahuan mengenai bahaya-bahaya yang ada disekitaran mereka dan langkah penangkalannya bergantung tipe perusahaan, seperti perusahaan kontraktor, kimia, gas sampai listrik yang hanya dapat dilaksanakan oleh lembaga yang telah diberi kepercayaan pemerintah.

 

Sesudah menuntaskan program Training K3 ini, peserta diharap sanggup :

 

  1. Menerangkan pekerjaan, kuasa dan tanggung-jawab Pakar K3

  2. Menerangkan hak karyawan dalam sektor K3

  3. Menerangkan ke pebisnis jika usaha K3 memberikan keuntungan untuk perusahaan

  4. Menerangkan arah mekanisme management K3 (SMK3)

  5. Menerangkan mekanisme laporan kecelakaan

  6. Menganalisis kasus kecelakaan, ketahui factor pemicunya dan bisa mempersiapkan laporan kecelakaan pada pihak berkaitan.

  7. Mengenali pekerjaan, tanggung-jawab dan kuasa organisasi, mengenali pembimbingan dan pemantauan K3 pada tingkat perusahaan, Nasional dan Internasional

  8. Mengenali objek pemantauan K3

  9. Ketahui syarat dan pemenuhan pada ketentuan perundangan pada tempat kerja.

  10. Ketahui syarat kesehatan serta keselamatan kerja pada tempat kerja

  11. Ketahui proses audit dan ruang cakupnya untuk menghitung tingkat perolehan

 


JADWAL TRAINING

 

(Selama Periode Wabah Training dikerjakan Secara Online Lewat ZOOM, sedang keinginan InHouse dan Public Training dilaksanakan dengan implementasi prosedur kesehatan).

 

FACILITIES

 

  1. Certificate,

  2. Quality Training Kit (Bolpoint, Pencil, Stabillo, Flash Disk 32 gb)

  3. Bag (Public Training)

  4. Training Material (Hand Out dan Soft Copy)

  5. Convenient training facilities in stars hotel (Public Training)

  6. Lunch 1 and Coffee Break 2 / Day (Public Training)

  7. Souvenir

  8. Gratis antara Jemput dari Lapangan terbang/Stasiun ( Khusus Yogyakarta)

 

TRAINING METHOD

 

  1. Online Training (by Zoom)

  2. Public Training

  3. Grup Discussions

  4. Grup dan Individu Exercises

  5. Presentations

  6. Game

  7. Case Studies

  8. Role Plays

  9. Self-Assessment

  10. Action Rencana


INSTRUCTOR TRAINING

 

Team Konselor BMG Training dan Development

 

LOKASI (Public Training)

 

Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Bogor, Cirebon, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Bali, Lombok, Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, Medan, Palembang, Lampung, dan Timor Leste, Thailand, Singapore, dan Kuala Lumpur (pada harga dan minimum paket yang lain).

 

Catatan :

 

Training ini bisa disamakan dengan keperluan perusahaan Anda dan dapat diadakan berbentuk In-House Training atau On-Line Training. Untuk keinginan Training dengan tipe topik yang lain, silakan mengirim ke alamat e-mail yang tertera di web kami.

—————————————————————————————-

Bila anda memerlukan info training yang belum tertera pada web ini, atau anda ingin memberinya saran materi yang sesuai tingkat keperluan perusahaan anda, silakan mengirim ke alamat e-mail yang tertera.

—————————————————————————————-

Jika dalam agenda training tidak ada tanggal dan saat yang tertera atau agenda training telah kedaluwarsa, minta tanya ke kami untuk agenda terbaru.

—————————————————————————————-

Peserta dapat ajukan tanggal Training / Training selainnya yang tercantum pada silabus penawaran.

—————————————————————————————-

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

 

Kontak Kami


 

Pusat Training Indonesia dan Pelatihan Bersertifikat - BMG TRAINING

 

Email : info@bmgtraining.co.id

 

Telp : (0274) 225 8012

CP 1 : +62813 9200 7100

 

Informasi Jadwal Pelatihan 2021Informasi Jadwal Pelatihan 2022, 2021training 2021 Magelangtraining 2021 Malangtraining 2021 Malaysiatraining centre indonesiaTraining Courses in IndonesiaTraining di BaliTraining di BalikpapanTraining di BandungTraining di BanjarmasinTraining di BogorTraining di CirebonTraining di JakartaTraining di Kuala LumpurTraining di LampungTraining di LombokTraining di MakassarTraining di MalangTraining di ManadoTraining di MedanTraining di PalembangTraining di PontianakTraining di SamarindaTraining di SemarangTraining di SingaporeTraining di SoloTraining di SurabayaTraining di ThailandTraining di Timor LesteTraining di YogyakartaTraining in Balitraining in houseTraining Schedule 2021Training Schedule 2022,